Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE)
Vol 1, No 2 (2024)

Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fitri, Siti Jihadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi tiktok pada siswa Man Kota Singkawang. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemecahan masalah dilihat dengan menggambarkan keadaan suatu benda atau benda. Setelah itu diperoleh data berdasarkan fakta yang terdapat pada objek tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah konfirmasi dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pendekatan analisis deskriptif ini untuk melihat pendapat siswa tentang penggunaan media tiktok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Kemudian instrumen yang digunakan peneliti adalah angket yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Penelitian yang digunakan dapat berupa tabel, grafik, median, modus, rata-rata, perhitungan persen dan persentase yang semuanya diterjemahkan ke dalam analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat setuju dengan penggunaan tiktok sebagai media pembelajaran. Aplikasi tiktok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, dengan berkreasi menggunakan tiktok, siswa mampu mengembangkan dan meningkatkan daya inovatif siswa dalam belajar bahasa Indonesia. dengan aplikasi tiktok siswa dapat berkreasi melalui video pendek.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jole

Publisher

Subject

Humanities Other

Description

Tanjungpura Journal of Language Education (TJoLE) is an open access journal that refereed publication devoted to research articles and conceptual articles concerned with assessment and testing in language learning and education, applied linguistics methodologies and issues, classroom language ...