Jurnal Pendidikan Humaniora
Vol 13, No 1: MARCH 2025

Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemulaan Siswa Kelas II

Widyaningsih, Adinda (Unknown)
Devianty, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di Mis An-Nur Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas II yang menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes, dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video yang dikembangkan mendapat hasil yang sangat positif, dengan validasi media mencapai 98% (kategori “Sangat Layak”), validasi materi juga mencapai 98% (kategori “Sangat Layak”), respons guru memperoleh 95% (kategori “Sangat Baik”), dan respons siswa mencapai 90,5% (kategori “Sangat Baik”). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video ini efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan humaniora baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan ...