Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di Mis An-Nur Pagar Merbau. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas II yang menjadi objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes, dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video yang dikembangkan mendapat hasil yang sangat positif, dengan validasi media mencapai 98% (kategori “Sangat Layak”), validasi materi juga mencapai 98% (kategori “Sangat Layak”), respons guru memperoleh 95% (kategori “Sangat Baik”), dan respons siswa mencapai 90,5% (kategori “Sangat Baik”). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video ini efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025