Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Empowering Early Educators through Community-Based Training: Enhancing English Proficiency for Playgroup and Kindergarten Teachers

Budianto, Martha (Unknown)
Enita, Sarai (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Background: Pengajaran Bahasa Inggris di pendidikan anak usia dini semakin berkembang, namun guru menghadapi tantangan seperti keterbatasan kemahiran dan kurangnya kepercayaan diri. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru kelompok bermain dan TK agar lebih percaya diri dan kompeten dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas. Metode: Partisipan dalam penelitian ini adalah 32 guru kelompok bermain dan taman kanak-kanak dari sebuah sekolah swasta di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari beberapa tahapan, seperti analisis kebutuhan guru, elisitasi rancangan materi, lokakarya, dan evaluasi. Hasil: Setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini, para guru merasakan manfaat lokakarya, dengan peningkatan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris dan pemahaman yang lebih baik terhadap materi karena relevansi dengan praktik mengajar mereka. Selain itu, interaksi aktif dan kerja sama dalam diskusi kelompok meningkatkan keterampilan serta kesiapan mereka dalam menerapkan bahasa Inggris di kelas. Kesimpulan: Para guru menghargai pendekatan praktis dan penerapan langsungnya pada kebutuhan pengajaran mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...