Education and Counseling Journal
Vol 5 No 1 (2025): EDISI : MARET

INTEGRASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDI PADA MATA KULIAH SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA

Wibowo, Satrio (Unknown)
Fitriany, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia dengan integrasi pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran, evaluasi serta tantangan dalam penerapan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa, kendala seperti keterbatasan akses terhadap sumber sejarah, dominasi metode ceramah, serta kurangnya keterampilan analisis dokumen masih menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan aksesibilitas sumber sejarah, pelatihan keterampilan berpikir kontekstual, serta penerapan metode pembelajaran interaktif berbasis eksplorasi agar pendekatan ini dapat lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...