Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 5 No. 1 (2025): February

Model Strategi Pembelajaran PAI Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

Rahayu, Sri (Unknown)
Nabila, Kamelia (Unknown)
Ulandari, Erika Fitri (Unknown)
Mukmin, Mukmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting untuk membina nilai-nilai moral dan pengembangan karakter, tetapi menghadapi tantangan unik dalam konteks Revolusi Industri Keempat (Industri 4.0) dan Masyarakat 5.0. Dalam dunia pendidikan, sangat penting untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tetap relevan dengan kemajuan teknologi dengan tetap mempertahankan nilai-nilai agama yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pembelajaran PAI yang dapat mengintegrasikan teknologi modern dengan penguatan prinsip-prinsip agama. Pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan analisis kualitatif-deskriptif terhadap literatur-literatur yang relevan tentang PAI di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi digital melalui platform e-learning, blended learning, dan media sosial dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Selain itu, guru memainkan peran penting dalam menggunakan teknologi secara bijak untuk mendukung proses pendidikan yang berlandaskan pada ajaran Islam. Kesimpulannya, strategi pembelajaran PAI yang inovatif, holistik, dan berbasis teknologi memiliki potensi untuk menumbuhkan generasi yang tidak hanya mahir secara digital tetapi juga berlandaskan moral, yang siap menghadapi tantangan global di era digital ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...