NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 2 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PERANAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA DI MTs SWASTA DARUSSALAM PARMERAAN

Ritonga, Tamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penanaman karakter jujur bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari tidak mesti harus disekolah saja. Penanaman karakter jujur juga bisa melalui kebisaan anak dirumah, dan juga ketika mereka berada dilingkungan masyarakat. Pembentukan karakter kejujuran di sekolah menekankan kepada peserta didik agar senantiasa selalu menanamkan sifat jujur dimanapun kapan pun. Upaya yang dilakukan guru PKn harus dapat memahami nilai nilai karakter kejujuran utama yang terkandung dalam mata pelajaran PKn. Nilai karakter ini dapat dilihat secara langsung dalam kehidupan dikelas, misalnya ketika anak melaksanakan ujian. Perbuatan mencontek merupakan perbuatan yang mencerminkan anak tidak berbuat jujur kepada diri sendiri, teman, orang tua, dan gurunya. Anak memanipulasi nilai yang didapatnya seolah-olah merupakan kondisi yang sebenarnya dari hasil belajarnya, padahal nilai yang didapatnya bukan merupakan kondisi yang sebenarnya yang ia peroleh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggunakan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru PKn, Guru Wali kelas dan Siswa MTs Swasta Darussalam Parmeraan Kesimpulan Upaya yang dapat dilakukan oleh guru PKn dalam mebentuk karakter kejujuran siswa memberikan pembinaan dan pengelola kelas, mengarahkan siswa agar berteman dengan yang baik, memberikan perhatian khusus terhadap siswa, sehingga merasa diperhatikan dan lain hari mau melaksanakan nasehat-nasehat yang diberikan kepadanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...