NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 3 (2025): NUSANTARA : JURNAL ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

PERAN AL-QUR’AN DALAM PENGEMBANGAN METODOLOGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Febriyani, Safna (Unknown)
Anwar, Abu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Dalam konteks pendidikan Islam, Al-Qur'an berfungsi sebagai teks dasar sebagai sumber utama prinsip dan ajaran pengajaran. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji peran Al-Qur'an dalam mengembangkan metodologi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode pustaka untuk menganalisis beberapa ayat dari Al-Qur'an yang terkait dengan konsep pendidikan, seperti prinsip pendidikan, pengembangan karakter, dan prinsip moral. Penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an tidak hanya memberikan wawasan teologis tetapi juga memberikan wawasan metodologis yang dapat diselaraskan dengan praktik pendidikan kontemporer. Pendekatan Al-Qur’an yang berbasis kasih sayang, dialog, dan hikmah dapat menjadi model pengajaran yang efektif untuk membangun generasi Muslim yang berakhlak mulia dan kompeten.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...