Penelitian pengembangan dilatarbelakangi karena LKPD yang dibuat oleh guru belum memenuhi struktur komponen yang sesuai dengan LKPD pada umumnya. Evaluasi terhadap LKPD yang ada menunjukkan beberapa kekurangan, yaitu belum dicantumkannya mata pelajaran dan semester, serta belum adanya komponen penilaian meskipun sudah memuat tugas dan langkah kerja yang sesuai. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan LKPD dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang memiliki kelebihan dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan permasalahan kontekstual. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL pada materi keanekaragaman hayati yang valid dan praktis untuk siswa SMA/MA fase E. Pengembangan dilakukan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dibatasi hingga tahap develop dengan melakukan uji validitas dan praktikalitas. Validasi dilakukan oleh tiga orang dosen, sedangkan uji praktikalitas melibatkan dua guru biologi dan 35 siswa. Analisis data menggunakan teknik persentase yang kemudian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas LKPD mencapai 93%, dengan tingkat praktikalitas dari guru sebesar 98% dan dari siswa sebesar 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL untuk materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan untuk siswa fase E SMA N 4 Padang telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.
Copyrights © 2025