Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya sekolah yang diterapkan di SDN 1 Mataram berkontribusi dalam membentuk karakter religius peserta didik, serta mengidentifikasi karakter religius peserta didik yang terbentuk melalui program budaya sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaitif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik muslim kelas 4-6. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya sekolah di SDN 1 Mataram telah berkontribusi dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Budaya sekolah yang diterapkan, seperti Morning Al-Qur’an, shalat Dzuhur berjamaah, tanya jawab keagamaan (quiz), kultum, pembacaan Surah Yasin, serta shalat Dhuha bersama telah berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter religius peserta didik. Melalui metode pembiasaan, peran tenaga pendidik, dukungan lingkungan sekolah serta kegiatan keagamaan, dapat membentuk nilai-nilai religius seperti ketaatan menjalankan ibadah, toleransi, sopan santun dan kesabaran yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Copyrights © 2025