Pembidaian merupakan suatu cara pertolongan pertama pada cedera/trauma sistem musculoskeletalyang berguna untuk mengisterahatkan (imobilisasi) bagian tubuh kita yang mengalami cedera. denganmenggunakan suatu alat. Pembidaian ini bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri,mencegah terjadinya gerakan patah tulang yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan lunaksekitarnya. Tujuan penelitian ini mengetahui “Pengaruh Edukasi Pembidaian dan PembalutanTerhadap Pengetahuan Siswa Di SMP Advent Surakarta” Penelitian ini dilakukan dengan metodeQuesi Eksperimen dengan rancangan One grup Pretest-postest Desing. Sampel responden dalampenelitian ini sebanyak 20 orang dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulandata menggunakan lembar kuisioner. Di Analisis dengan uji statistik Mc. Nemar. Selanjutnya data yangtelah terkumpul diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16,0. Dari HasilUji stastistik Wilcokson menunjukan ada pengaruh yang bermakna antara edukasi terhadapketerampilan siswa dalam memberikan pertolongan pertama cedera muskuloskeletal di SMP AdventSurakarta. (p)= 0,000:α= 0,05 Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat ada pengaruh edukasipembidaian terhadap pengetahuan siswa dalam memberikan pertolongan pertama cedera di SMPAdvent Surakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk instalasi kesehatan danpendidikan dalam upaya Pemberian pengaruh edukasi pembidaian terhadap keterampilan siswa dalammemberikan pertolongan pertama cedera. ABSTRACTSplinting is a method of first aid for injury/trauma to the musculoskeletal system which is useful forimmobilizing the injured part of our body. by using a tool. This splint aims to reduce and eliminatepain, preventing fracture movement which can result in damage to the surrounding soft tissue. Theaim of this research is to determine "The Effect of Splinting Education on Students' Knowledge inProviding First Aid for Injuries at Surakarta Adventist Middle School". This research was conductedusing the Experimental Questionnaire method with a One group Pretest-posttest Design design. Thesample of respondents in this study was 20 people using the Total Sampling sampling technique. Datacollection uses a questionnaire sheet. Analyzed with the Mc statistical test. Nemar. Furthermore, thedata that has been collected is processed using the SPSS version 16.0 computer program. The resultsof the Wilcokson statistical test show that there is a significant influence between education andstudents' skills in providing first aid for musculoskeletal injuries at Surakarta Adventist MiddleSchool. (p)= 0.000:α= 0.05 The conclusion in this study is that there is an influence of splinteducation on students' knowledge in providing first aid for injuries at Surakarta Adventist MiddleSchool. It is hoped that the results of this research can be a reference for health and educationinstitutions in an effort to influence splint education on students' skills in providing first aid forinjuries.
Copyrights © 2025