Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 2 No. 4 (2025): April

Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Promosi Digital pada UMKM di Desa Mandalasari

Adelia Ananda Putri (Unknown)
Arinita Permata Putri (Unknown)
Imam Mahmud (Unknown)
Fitrahul Dzikri Arrosyad (Unknown)
Muthi’ah Irta Zhafirah (Unknown)
Rahma Aini (Unknown)
Salsa Paramitha (Unknown)
Irham Dinata (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi digital membuka peluang strategis bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi TikTok sebagai media promosi digital oleh UMKM di Desa Mandalasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini mengeksplorasi peran TikTok dalam memperluas jangkauan pasar serta meningkatkan kesadaran merek terhadap produk lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun TikTok memiliki potensi besar sebagai media promosi, sebagian besar pelaku UMKM di Desa Mandalasari masih belum memanfaatkannya secara optimal akibat keterbatasan literasi digital, kurangnya kepercayaan diri, serta keterbatasan perangkat pendukung dan akses internet. Namun, implementasi TikTok melalui pendampingan, membantu beberapa UMKM mengenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...