Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevaliditasan dan kepraktisan dari pengembangan modul pembelajaran IPAS berlandaskan ayat Al-Qur’an pada Sub Materi Komponen Ekosistem kelas V di SD 157 Cakke . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunkan model 4-D yang dibatasi sampai pada tahap pengembangan (Development). Tahapan penelitian terdiri dari pendefenisian (Define), perancangan (Design) serta tahap pengembangan (Develop). Prosedur penelitian terdiri dari studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan produk, validasi dan uji coba terbatas. Subjek penilai berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli agama untuk mengetahui kualitas modul IPAS. Instrumen penelitian berupa angket validasi dan angket respon dengan menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk check list. Instrumen untuk siswa berupa angket respon peserta didik untuk 17 orang siswa Kelas V SD 157 Cakke. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitaif untuk mengetahui tingkat kevaliditasan dan kepraktisan modul IPAS sesuai dengan kriteria kategori penilai. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya modul IPAS berlandaskan ayat Al-Qur’an pada sub materi komponen ekosistem untuk siswa kelas V SD 157 Cakke yang dikembangkan dengan model 4-D. Berdasarkan hasil penilaian dari tim validator materi dan agama dengan nilai D yaitu valid, dan hasil respon angket dari guru dan peserta didik dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPAS berlandaskan ayat Al-Qur’an pada sub materi komponen ekosistem yang dikembangkan dianggap valid oleh para ahli matetri dan agama, serta dianggap praktis oleh guru dan peserta didik di kelas 5 SD 157 Cakke
Copyrights © 2024