Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 1 (2025)

Pengalaman Guru dalam Memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk Pengembangan Media Pembelajaran IPAS di SD Negeri 2 Sokosari

Restalia, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dalam memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk pengembangan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 2 Sokosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI mampu meningkatkan kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran interaktif, efektif, dan menarik. Guru menggunakan platform berbasis AI seperti Canva dan Powtoon untuk menciptakan video animasi, infografis, dan simulasi pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan keterampilan teknis, akses terhadap perangkat teknologi, dan pengelolaan waktu. Solusi yang diusulkan adalah pelatihan intensif penggunaan AI, peningkatan infrastruktur teknologi, dan pengelolaan waktu yang lebih efektif. Pemanfaatan AI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran IPAS dan mendorong inovasi dalam proses pengajaran di sekolah dasar. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi sekolah dan pengambil kebijakan untuk menyediakan dukungan teknis dan pelatihan berkelanjutan bagi guru agar pemanfaatan AI dapat optimal. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...