JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 14 No 2 (2024): Desember 2024

Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengimplementasian Program Gerakan Literasi Masyarakat di Desa Nagrak

Diane Prihastuti (Unknown)
Erni Setiawati (Unknown)
Gina Isyana (Unknown)
Husni Rachmawati (Unknown)
Mamat Rohimat (Unknown)
Neng Meri Ratna Sapuri (Unknown)
Saripudin (Unknown)
Syifa Aulia (Unknown)
Syifa Sonia (Unknown)
Yusuf Fajar Nuryanto (Unknown)
Zahra Nuril Musthafawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Gerakan literasi nasional yang dicanangkan pemerintah masih fokus pada percepatan gerakan literasi sekolah, mulai dari tk dan sd sampai sekolah menengah. Pada saat yang sama, pemerintah daerah masih kurang memberikan perhatian terhadap gerakan literasi masyarakat khususnya di desa nagrak, kecamatan pacet. Tujuan gerakan literasi masyarakat adalah untuk menempatkan anak-anak yang tidak mampu bersekolah agar tetap bisa menjadi generasi literasi. Gerakan literasi di masyarakat memiliki urgensi yang sangat tinggi dalam upaya menciptakan generasi yang kritis, cerdas, dan berdaya saing. Literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca dan menulis, melainkan juga mencakup kemampuan memahami, menganalisis, serta mengaplikasikan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Desa nagrak adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan pacet, kabupaten bandung, jawa barat. Di sejumlah daerah fasilitas literasi masih terbatas, salah satunya di desa nagrak tempat kami melaksanakan kkn, sehingga salah satu proyek kami adalah gerakan literasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran literasi di masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2088-6977 dan E-ISSN 2548-1487 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, ...