Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol. 16 No. 1 (2025): Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen

Pengaruh Live Streaming dan Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna TikTok Shop di Kabupaten Majalengka

Masduki (Unknown)
Pipih Sopiyan (Unknown)
Sayidil Umam, Mochamad Febri (Unknown)
Alan Rusdiana (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

ABSTRAK Transformasi digital menggeser cara berbelanja dengan memperkenalkan social commerce yang membuat perusahaan dihadapkan pada tuntutan tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun, tidak sedikit loyalitas pelanggan rendah diakibatkan karena kekuatan live streaming dan price discount yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan live streaming, price discount dan loyalitas pelanggan serta mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh live streaming dan price discount terhadap loyalitas pelanggan pengguna TikTok Shop Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriftif dan verifikatif. Jumlah populasi pengguna TikTok Shop Majalengka berjumlah 100 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel accidental sampling dengan jumlah 100 orang pada pengguna TikTok Shop Majalengka. Data analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa live streaming dan price discount memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Live Streaming, Loyalitas Pelanggan, Price Discount, Tiktok Shop. ABSTRACT Digital transformation has shifted the way shopping is done by introducing social commerce, which makes companies faced with the demands of not only attracting but also maintaining customer loyalty. However, not a few low customer loyalty is caused by the strength of live streaming and price discounts that are still low. This study aims to describe live streaming, price discounts and customer loyalty and to determine and partially analyze the effect of live streaming and price discounts on customer loyalty of TikTok Shop Majalengka social commerce users. This study uses a quantitative approach method with descriptive and verification analysis. The total population of TikTok Shop Majalengka social commerce users is 100 people. The sample used was accidental sampling with a total of 100 people in TikTok Shop Majalengka social commerce users. Data analysis using classical assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination analysis and hypothesis testing. The results of this study state that live streaming and price discounts have a positive and significant effect on customer loyalty. Keywords: Live Streaming, Customer Loyalty, Price Discount, Tiktok Shop

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

coopetition

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen (E-ISSN : 2615-4978, P-ISSN : 2086-4620) adalah jurnal ilmiah bidang manajemen yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Manajemen, Institut Manajemen Koperasi Indonesia, yang semula dua kali dalam setahun, menjadi tiga kali dalam setahun yaitu bulan Maret, ...