JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 2 (2025)

PERISTIWA PERANG BADAR: PERTEMPURAN BERSEJARAH YANG MENGUBAH ARAH PERADABAN ISLAM

sa'adah, Nila (Unknown)
rifa'i, Muhammad (Unknown)
Fudholi, Ahmad (Unknown)
Azizatun Nikmah, Nur Sani (Unknown)
Kurniawan, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Pertempuran Badar adalah peristiwa penting dalam sejarah awal Islam yang memiliki karakter kompleks dan dampak luas terhadap dinamika sosial-keagamaan. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan tahun ke-2 Hijriah (13 Maret 624 Masehi) dan menjadi salah satu momen paling berpengaruh dalam pembentukan identitas komunitas Muslim. Penelitian ini mengadopsi pendekatan interdisipliner untuk mengeksplorasi aspek-aspek utama dari pertempuran tersebut, meliputi konteks sosial-politik, taktik militer, serta dampak psikologis dari konfrontasi antara 313 pejuang Muslim melawan 1.000 pasukan Quraisy. Dengan menggunakan metode kualitatif dan analisis sejarah kritis, penelitian ini berupaya memahami bagaimana Nabi Muhammad secara cerdas menggabungkan elemen spiritual dengan strategi militer. Beliau mampu mengubah kekurangan jumlah menjadi keunggulan strategis yang menentukan kemenangan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pertempuran Badar tidak hanya sekadar peristiwa militer, melainkan juga katalis untuk transformasi sosial yang lebih besar. Pertempuran ini membantu membentuk ulang identitas kolektif umat Muslim, mengintegrasikan nilai-nilai kesetaraan, persatuan antar-suku, dan dedikasi spiritual sebagai fondasi komunitas. Selain itu, Pertempuran Badar meruntuhkan struktur sosial tradisional yang berbasis hierarki dan menggantikannya dengan sistem yang lebih egaliter. Signifikansi penelitian ini terletak pada kemampuannya untuk melampaui interpretasi sederhana terkait pertempuran tersebut, dengan menawarkan perspektif multidimensional yang lebih mendalam. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai dinamika konflik, kepemimpinan yang visioner, serta pembentukan identitas keagamaan pada masa awal Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...