JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 12 No 2 (2025)

MEMBANGUN MENTAL WIRAUSAHA DI KALANGAN SISWA SMKN 1 CIBADAK UNTUK MASA DEPAN YANG MANDIRI

Yoseptry, Ricky (Unknown)
Nitro, Nitro (Unknown)
Lubis, Erwin Sunandar (Unknown)
Iwan, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting dalam menciptakan kemandirian ekonomi di masyarakat. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun mental wirausaha di kalangan siswa SMKN 1 Cibadak, guna mempersiapkan mereka menjadi individu yang mandiri dan berdaya saing setelah lulus. Kegiatan ini melibatkan serangkaian pelatihan dan pendampingan yang meliputi pengenalan dasar kewirausahaan, pengembangan keterampilan kreatif dan inovatif, serta simulasi pengelolaan usaha. Melalui metode pendekatan partisipatif, program ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, mulai dari identifikasi peluang bisnis hingga perencanaan dan eksekusi ide usaha. Selain itu, diberikan pula penguatan nilai-nilai kepemimpinan, keberanian mengambil risiko, dan pemecahan masalah sebagai elemen kunci dalam membangun mental wirausaha. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep kewirausahaan, serta munculnya motivasi dan keberanian untuk memulai usaha. Program ini diharapkan menjadi model pengembangan kewirausahaan di tingkat pendidikan menengah kejuruan yang dapat direplikasi di sekolah lain. Dengan demikian, siswa SMKN 1 Cibadak dapat berkontribusi lebih besar dalam menggerakkan ekonomi lokal dan nasional di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...