ABSTRACT Media is a tool for conveying messages or information. Therefore, media is an important thing in early childhood learning. In addition to facilitating the delivery of material, the use of learning media can also make learning more enjoyable. Learning that only uses pencils and paper feels boring for children, therefore this reaserch was conducted to determine the use of letter card media to improve the cognitive abilities of young children at the Rahmanda Metro Center Playgroup. This research uses field methods with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques in this research are through observation, interviews and documentation. The analysis steps for data colection use interactive analysis consisting of data colection, data reduction, data presentation and drawing conclution. Research results show that letter card media can improve children's cognitive abilities. This is proven by the results of assessments carried out by teachers on 15 children before and after using letter card media. Besides being able to improve children's cognitive abilities, using letter card media can also increase children's interest in learning. ABSTRAK Media adalah alat atau sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi. Oleh karena itu, media merupakan hal yang penting dalam pembelajaran anak usia dini. Selain untuk mempermudah penyampaian materi, penggunaan media pembelajaran juga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pembelajaran yang hanya menggunakan pensil dan kertas terasa membosankan bagi anak, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Rahmanda Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Langkah-langkah pengumpulan analisis data menggunakan analysis interactive yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil asesmen yang dilakukan guru terhadap 15 orang anak sebelum dan sesudah menggunakan media kartu huruf. Selain bisa meningkatkan kognitif anak, penggunaan media kartu huruf juga bisa meningkatkan minat belajar anak.
Copyrights © 2025