Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 8 No. 1 (2025): January-April 2025

Literasi Bahasa pada AUD dalam Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang

Pramudyani, Avanti Vera Risti (Unknown)
Khafidoh, Khafidoh (Unknown)
Al Afada, Fatiya Hanif (Unknown)
Ningsih, Tiya Nurfitri (Unknown)
Listyati, Mariana Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2025

Abstract

Belum semua guru memahami konsep literasi dalam arti luas. Tujuan penelitian ini menggambarkan konsep pembelajaran literasi khususnya Bahasa Inggris bagi anak.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data diambil dengan angket kepada 73 sample dari 703 populasi guru TK di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan responden telah menguasai Kurikulum Merdeka pada ranah pengetahuan dengan baik dilihat dari penjelasan tujuan, konten, dan prinsip. Namun dalam implementasinya 4,1% terbatas pada konsep literasi sempit. Sejumlah 2% guru sudah mengajarkan literasi Bahasa Inggris dengan menyampaikan salam dan kabar. Selebihnya dalam pembelajaran 100% guru belum mengintegrasikan di kegiatan intrakulikuler, kokulikuler, atau ekstrakurikuler. Literasi secara luas diharapakan dikuasai anak salah satunya Bahasa Inggris sebagai respon atas perubahan pada lingkup global. Implikasi penelitian ini, pembelajaran literasi dapat menggunakan kegiatan menyanyi, mendengar cerita, dan bermain peran, begitu pula dalam mengajarkan bahasa asing.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...