Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui tentang manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa, kendala serta solusinya. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis data non statistik. Analisis ini digunakan untuk menganalisis jenis-jenis data yang bersifat kualitatif yang tidak bisa diukur dengan angka. Dari hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa Pelaksanaan perencanaan Manajemen perpustakaan SD Inpres 4/82 Abbumpungeng dalam meningkatkan minat baca siswa diantaranya dalam upaya meningkatkan minat baca siswa: 1) melakukan promosi perpustakaan. 2) kerjasama dengan guru mata pelajaran. Adapun solusi manajemen perpustakaan SD Impres 4/82 Abbumpungeng adalah : a. Memenuhi sarana dan prasana yang kurang. b. Diperlukan penambahan stok buku yang digunakan oleh para siswa. c. Diperlukan personil perpustakaan yang memadai
Copyrights © 2023