Abstrak Karangan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa sebagai bentuk persyaratan akhir masa pendidikan akademisnya disebut dengan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latihan positive self talk dapat meningkatkan optimisme pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan penelitian yaitu the equivalent time sample design melalui latihan positive self talk terhadap 10 orang mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Satya Wacana yang didapatkan dengan teknik snowball sampling. Alat ukur yang digunakan berupa angket kuesioner skala likert yaitu skala optimisme. Analisa data menggunakan uji paired samples T test. Hasil penelitian menunjukkan latihan positive self talk efektif dalam meningkatkan optimisme pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Diketahui nilai rata-rata peningkatan sebelum dan sesudah diberi perlakuan adalah 70,80 menjadi 83,90. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi mahasiswa bahwa optimisme sangat penting untuk ditingkatkan mengingat optimisme yang rendah dapat berakibat pada keadaan psikologis yang lebih parah seperti cemas, timbul perasaan negatif, dan stres. Kata Kunci: Positive Self Talk, Optimisme, Mahasiswa yang mengerjakan skripsi AbstractA scientific essay written by a student as a form of requirement for the end of their academic education is called a thesis. This research aims to find out whether positive self-talk training can increase optimism in students working on their thesis. This type of research is Quasi Experimental with a research design namely The Equivalent Time Sample Design through positive self talk exercises on 10 students from the Faculty of Psychology, Satya Wacana Christian University which was obtained using the snowball sampling technique. The measuring instrument used is a Likert scale questionnaire, namely the optimism scale. Data analysis used the paired samples T test. The research results show that positive self-talk exercises are effective in increasing optimism in students working on their theses. it is known that the average value of improvement before and after treatment is 70.80 to 83.90. It is hoped that the results of this research will provide information for students that it is very important to increase optimism considering that low optimism can result in more severe psychological conditions such as anxiety, negative feelings and stress. Keywords: Positive Self Talk, Optimism, Students working on a thesis
Copyrights © 2025