Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak Penggunaan Youtube terhadap produksi kata anak usia dini di Kecamatan Alang-alang Lebar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan anak usia dini yang mengandungn kosakata baru dari YouTube. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tiga orang tua dari anak usia dini di Kecamatan Alang-Alang Lebar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Youtube memberikan beberapa dampak positif bagi anak usia dini yaitu memberikan informasi dengan lebih cepat, meningkatkan pengetahuan anak, jika yang ditonton adalah konten edukasi. Anak menjadi lebih kreatif karena rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengikuti berbagai hal yang dibuat atau diperoleh, lebih percaya diri dan mudah bergaul. Hal tersebut berpengaruh terhadap pengetahuan dan kemampuan bahasa anak. Meskipun memberikan dampak positif bagi kemampuan bahasa dan pengetahuan anak, konten Youtube bagi anak usia dini harus tetap dibatasi dan diawasi. Sedangkan dampak negatif Youtube terhadap anak usia dini diantaranya yaitu anak menjadi malas membaca buku karena lebih suka menonton youtube, malas belajar dan sulit untuk diatur, anak akan menirukan gaya berbicara bahkan perlakuan kasar orang dewasa yang seharusnya tidak dikatakan dan dilakukan oleh anak usia dini, menonton Youtube juga memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Anak cenderung tidak mau mendengarkan nasihat orang tua jika sudah menonton Youtube.Kata kunci: Youtube, Anak Usia Dini, Kosakata
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025