Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS)
Vol 4, No 1 (2024): Desember 2024

Pengaruh Affiliate Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulsive Buying pada Marketplace Lazada

Rahmawati, Novia (Unknown)
Samiono, Bambang Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Peningkatan pengguna E-Commerce membuktikan tingginya masyarakat dalam berbelanja online, namun ternyata terdapat masalah pada perilaku keputusan pembelian di masyarakat Indonesia memiliki tendensi pembelian produk secara spontan yang disebut dengan Impulsive Buying yang cukup tinggi. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi dampak Sales Promotion dan Affiliate Marketing terhadap Impulsive Buying dengan mengkaji peran Customer Trust sebagai variabel intervening. Analisis data yang digunakan mencakup analisis deskriptif dan faktor tanggapan survei. Metode kuantitatif dan analisis jalur (Path Analysis) digunakan sebagai metode analisis penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling yaitu metode nonprobability sampling. Seratus peserta dipilih berdasarkan kriteria sebagai sampel penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung variabel Affiliate Marketing dan Customer Trust terhadap Impulse Buying. Dan adanya pengaruh tidak langsung variabel Affiliate Marketing dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui variabel Customer Trust. Sementara jelas tidak ada pengaruh langsung Sales Promotion terhadap Impulse Buying.Kata Kunci - Affiliate Marketing, Customer Trust, Impulsive Buying, Sales Promotion

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSN

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Sendamas) mempublikasikan naskah artikel yang bertemakan*, namun tidak terbatas pada:* 1. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan 2. Layanan Msyarakat, orang - orang, ketahanan pangan lokal 3. Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna 4. ...