Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 3 (2023): Oktober 2023

Teknik Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah terhadap Motivasi Belajar IPA

Yuniari, Ni Putu Anik (Unknown)
Jampel, I Nyoman (Unknown)
Wibawa, I Made Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Hasil temuan dilapangan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong sangat rendah, hal ini dlihat dari kurang aktifnya siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeftifan Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan non-equivalent pretes posttest control grup design, Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling dengan cara diundi, hasil pengundian dengan jumlah siswa 27 sebagai kelas eksperimen dan jumlah siswa 24 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test. diperoleh harga t-hitung > t-tabel (30.38 > 2.009) yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata – rata gain skor motivasi belajar IPA siswa kelompok eksperimen yaitu 0,769 lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 0,225. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik talking stick berbantuan lagu daerah terhadap motivasi belajar IPA kelas V, sehingga teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah baik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa. Melalui teknik pembelajaran talking stick berbantuan lagu daerah akan diajak siswa untuk siap dan aktif dalam pembelajaran sehingga membuat motivasi belajar IPA menjadi meningkat, jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...