Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

INTEGRASI FILSAFAT PENDIDIKAN DAN SEJARAH MATEMATIKA: IMPLIKASINYA TERHADAP KURIKULUM KONTEMPORER

Samosir, Katrina (Unknown)
Gultom, Rosiana Claudia (Unknown)
Nainggolan, Ruth Sanaya (Unknown)
Nurjannah, Siti (Unknown)
Simbolon, Rahmad Syukri (Unknown)
Sembiring, Chris Jonathan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Integrasi filsafat pendidikan dan sejarah matematika menawarkan pendekatan baru dalam pengembangan kurikulum matematika kontemporer. Dengan menggabungkan landasan teoritis dari filsafat pendidikan dan wawasan historis dari sejarah matematika, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi keduanya terhadap pembelajaran matematika. Filsafat pendidikan memberikan panduan dalam membentuk pemikiran kritis dan karakter siswa, sedangkan sejarah matematika menyediakan konteks yang relevan untuk memahami evolusi konsep-konsep matematis. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis teori, temuan, dan praktik terbaik dari kedua bidang tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan integratif ini dapat meningkatkan relevansi materi ajar, memotivasi siswa, serta mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konseptual. Dengan demikian, pendekatan ini berpotensi memperkaya pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di era globalisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...