Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMKS PAB 4 KLUMPANG

Novianti, Nadia (Unknown)
P, Syahrina Annisa (Unknown)
Hasibuan, Ainul Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2025

Abstract

Motif penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI SMKS PAB 4 Klumpang terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika berbasis matriks. Model pembelajaran TPS menekankan kerja sama antar siswa dalam memecahkan masalah, karena sebagian besar siswa tidak melupakan pembelajaran sehari-hari untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen dan desain posttest-best study. Sebanyak 45 siswa kelas XI SMKS PAB 4 Klumpang yang dipilih secara acak menjadi subjek penelitian. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelompok benchmark yang menggunakan teknik pembelajaran sehari-hari. Posttest keterampilan pemecahan masalah matematika pada materi matriks menjadi alat yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang besar pada kemampuan berpikir kritis numerik kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok benchmark. Pemeriksaan informasi dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai posttest harian untuk akumulasi eksploratif berubah menjadi lebih tinggi dari lembaga acuan. Model pembelajaran TPS, yang mendorong siswa untuk berpikir serius, berbicara, dan berbagi pikiran ketika memecahkan masalah matematika, dapat memberikan pengaruh ini dalam berbagai pendekatan. Dapat diduga bahwa model pembelajaran Think Pair Provide (TPS) berdampak pada kemampuan berpikir kritis numerik dalam struktur grid siswa kelas XI di SMKS PAB 4 Klumpang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...