Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

PENERAPAN MEDIA AUDIOBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO

Irna Amaliana (Universitas Rokania)
Rinja Efendi (Universitas Rokania)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terkait rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo, karena dari jumlah 16 siswa hanya 3 siswa yang dapat menyimak dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan media audiobook dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 37,5% dengan skor 3,4 kemudian pada pertemuan kedua siswa yang aktif menyimak 62,5% dengan skor 4,1 dan pada Siklus 2 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 81,25% dengan skor 4,6 dan pada pertemuan kedua seluruh siswa sudah aktif dalam menyimak 100% dengan mendapatkan skor 5 dan masuk dalam kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiobook efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...