Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Special Issue Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PELESTARIAN TENUN BUNA DAN SOTIS MELALUI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DI SMP ST. YOSEF MAUBESI

Herminus Kefi (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan pada bagaimana Inovasi menenun dan faktor apa saja yang yang menjadi pendukung dan penghambat inovasi menenun siswa-siswi SMP St. Yosef Maubesi?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan menganalisis, dan menginterpretasikan Inovasi serta faktor pendukung dan penghambat inovasi menenun siswa-siswi SMP St. Yosef Maubesi. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam membedah masalah ini adalah penelitian deskriptif, yakni jenis penelitian yang menggambarkan suatu fenomena atau kejadian secara apa adanya serta menganalisa data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menggali informasi kepada informan, penulis menggunakan pedoman wawancara (interview guiding) sebagai alat bantu dalam melakukan wawancara. Wawancara diawali mulai dari Kepala Sekolah dan informasi bergerak menuju Guru Mata pelajaran Seni Budaya SMP St. Yosef Maubesi dan siswa-siswi yang melakukan inovasi menenun secara langsung sampai kepada informan (siswa/i) mana informasi dianggap sama  yang dikenal dengan teknik snowball. Hasil penelitian inovasi ini, menunjukkan bahwa siswa-siswi mendapatkan pengalaman berharga karena melestarikan keterampilan tradisional yang berakar pada kearifan lokal. Inovasi menenun siswa-siwi SMP St.Yosef Maubesi ini telah menunjukkan peran penting pendidikan dalam menjaga warisan budaya serta memperkuat harkat dan martabat kaum perempuan melalui kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat setempat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...