Naradidik: Journal of Education & Pedagogy
Vol. 4 No. 1 (2025): Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (March 2025)

Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MAN 2 Padang Panjang

Suci, Suci (Unknown)
Febriani, Eka Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi di MAN 2 Padang Panjang. Pengunaan model ceramah yang tidak dipadukan dengan media pembelajaran yang interaktif menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning dengan powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu teori kontruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelilitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling berupa nilai ulangan harian dan kelas memiliki sarana yang mendukung dalam proses melaksanakan penelitian yaitu kelas eksperimen XII IPS 3 dan kelas kontrol XII IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal dalam bentuk pre-test dan post-test mengunakan 18 butir soal objektif yang sudah di uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji Independent sampel T-test dengan alat bantu software SPPS 27 for windows. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai beda 15,133. Artinya hipotesis diterima atau terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas XII di MAN 2 Padang Panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nara

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Naradidik: Journal of Education & Pedagogy (ISSN 2827-864X) is a scientific journal managed by the Department of Sociology Laboratories, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Padang. This journal facilitates publications for research related to the discussion of the structure and dynamics ...