Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi di MAN 2 Padang Panjang. Pengunaan model ceramah yang tidak dipadukan dengan media pembelajaran yang interaktif menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning dengan powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu teori kontruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelilitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling berupa nilai ulangan harian dan kelas memiliki sarana yang mendukung dalam proses melaksanakan penelitian yaitu kelas eksperimen XII IPS 3 dan kelas kontrol XII IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal dalam bentuk pre-test dan post-test mengunakan 18 butir soal objektif yang sudah di uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji Independent sampel T-test dengan alat bantu software SPPS 27 for windows. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai beda 15,133. Artinya hipotesis diterima atau terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas XII di MAN 2 Padang Panjang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025