Journal of Social and Scientific Education
Vol. 1 No. 3 (2024): Journal of Social and Scientific Education

Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Konkret dan Digital pada Materi Trigonometri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Andinasari, Andinasari (Unknown)
Yanti, Yanti (Unknown)
Sistyawati, Risda Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pendidikan memegang peran krusial dalam pembangunan suatu negara, dan kualitas pendidikan menjadi penentu utama kemajuan. Artikel ini membahas kesulitan siswa dalam memahami materi trigonometri, sub-bidang matematika yang krusial untuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Kendala utama terletak pada penerapan rumus trigonometri. Dengan fokus pada analisis literatur, penelitian ini mengusulkan strategi perbaikan, termasuk penggunaan media matematika konkret dan digital. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran konkret dan digital memiliki dampak positif signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pengembangan metode pembelajaran responsif terhadap kebutuhan siswa dan evaluasi terhadap strategi pembelajaran menjadi penting. Rekomendasi ini dapat membantu guru dan institusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, memberikan alternatif metode yang menarik, dan meningkatkan motivasi siswa untuk memahami trigonometri secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

josse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

JOSSE: Journal of Social and Scientific Education is a scientific publication media managed and published by South Sulawesi Education Development (SSED) (Deed of Establishment of the Institution No. 32 dated July 17, 2009, by Notary Ina Kartika Sari S.H. - Decree of the Minister of Law and Human ...