EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
Vol. 5 No. 1 (2025)

PROFIL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEWARNAAN ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

DEWI, YULIA ROSMALA (Unknown)
WAHIDIN, WAHIDIN (Unknown)
BADRIAH, LIAH (Unknown)
HERNAWATI, DIANA (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2025

Abstract

Environmental awareness is a crucial competency that needs to be developed in the modern era, particularly in ethnoscience-based learning. This research aims to describe the environmental awareness profile of Biology Education students at Siliwangi University, Tasikmalaya, through the application of ecoprint coloring techniques. The research method used is descriptive quantitative with an instrument in the form of a Likert scale questionnaire designed based on five indicators of environmental awareness, namely trust in natural materials, interest in environmentally friendly techniques, understanding of environmental impacts, the view of ecoprint as a solution, and commitment to environmental sustainability. This study involved 50 students from a total population of 74 students. The research results show that the average environmental awareness of students is in the fairly good category with an average score of 57.4%. The indicator of trust in natural materials has the highest score, while commitment to environmental sustainability gets the lowest score. The low environmental awareness of students is influenced by less contextual learning approaches, a lack of community-based activities, and limited exploration in developing practical solutions. Therefore, this study recommends the application of project-based learning models supported by digital technology, such as virtual simulations, interactive e-learning platforms, and environment-based digital media. The integration of technology in ethnoscience learning is expected to increase student involvement in exploring environmentally friendly innovations and strengthen their awareness and commitment to environmental sustainability. ABSTRAKSikap peduli lingkungan merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dikembangkan di era modern, khususnya dalam pembelajaran berbasis etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil sikap peduli lingkungan mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi Tasikmalaya melalui penerapan teknik pewarnaan ecoprint. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket skala Likert yang dirancang berdasarkan lima indikator sikap peduli lingkungan, yaitu kepercayaan terhadap bahan alami, ketertarikan pada teknik ramah lingkungan, pemahaman dampak lingkungan, pandangan ecoprint sebagai solusi, dan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa dari total populasi 74 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sikap peduli lingkungan mahasiswa berada pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 57,4%. Indikator kepercayaan terhadap bahan alami memiliki skor tertinggi, sedangkan komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan memperoleh skor terendah. Rendahnya sikap peduli lingkungan mahasiswa dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual, minimnya kegiatan berbasis komunitas, serta keterbatasan eksplorasi dalam mengembangkan solusi praktis. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang didukung oleh teknologi digital, seperti simulasi virtual, platform e-learning interaktif, dan media digital berbasis lingkungan. Integrasi teknologi dalam pembelajaran etnosains ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam eksplorasi inovasi ramah lingkungan serta memperkuat kesadaran dan komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan berbantuan ...