Keaktifan belajar adalah salah satu indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi, keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 masih rendah  dengan persentase 47,5%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon melalui penerapan media diorama ekosistem. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas 3 dengan siswa yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa menjadi aktif belajar (rata-rata= 2,5) dan termasuk kriteria sedang (62,5%). Sedangkan pada siklus II, siswa menjadi sangat aktif belajar (rata-rata= 3,2) dan termasuk kriteria tinggi (80%). Sehingga, setiap siklusnya terjadi peningkatan yaitu dari pra-siklus (47,5%) ke siklus I (62,5%) sebesar 15%, dan dari siklus I ke siklus II (80%) sebesar 17,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media diorama ekosistem dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 3 SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025