Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pengurangan meminjam melalui media papan pengurangan interaktif (Paprik). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pegambiran 2 yang berjumlah 30 siswa, yakni 11 orang Perempuan dan 19 orang laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media Paprik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pengurangan meminjam bagi siswa kelas II SDN Pegambiran 2 Kota Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I, II, dan III. Pada pra siklus rata-rata nilai diperoleh 45, meningkat pada siklus I dan II menjadi 68, pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 70. Jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan pada pra siklus sebanyak 5 orang atau sebesar 16%, pada siklus I meningkat menjadi 16 orang atau sebesar 53%, pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau sebesar 60%, begitupun pada siklus III meningkat menjadi 20 orang atau sebesar 66%.
Copyrights © 2025