SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025)

EVALUASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM IPA DI SMA EDU GLOBAL SCHOOL BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO.8/2018

ALIFIA ZHAFIRA TAUFIK (Universitas Pendidikan Indonesia)
ZAIMA MAHIROTUL AZZA (Universitas Pendidikan Indonesia)
ZIA RAHMAWATI (Universitas Pendidikan Indonesia)
AMELIA CAHYANI (Universitas Pendidikan Indonesia)
AKMAL AL BARIQ (Universitas Pendidikan Indonesia)
BUDI SETIAWAN (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

The research was conducted to evaluate the facilities and infrastructure of the Natural Sciences (Science) laboratory at SMA Edu Global School Bandung. The method used is an evaluative approach with a quantitative framework, where data collection was carried out through observation, data recording, and brief interviews. The focus of this research is on the importance of the IPA laboratory in supporting effective and quality learning processes. This study assesses the conformity of the laboratory's facilities and infrastructure with the standards set forth in Permendikbud No. 8/2018. The evaluation results indicate that although some aspects have met the standards, there are deficiencies in the completeness of tools and facilities necessary for student practical activities, such as incomplete equipment and uncomfortable workspace. The conclusion of this study recommends the need for improvements and development of the IPA laboratory facilities and infrastructure to enhance the quality of education at SMA Edu Global School, enabling students to learn optimally and effectively. ABSTRAKPenelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sarana dan prasarana laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Edu Global School Bandung. Metode yang digunakan adalah metode evaluatif dengan pendekatan kuantitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pendataan, dan wawancara singkat. Fokus penelitian ini adalah pada pentingnya laboratorium IPA dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Penelitian ini menilai kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium dengan standar yang ditetapkan dalam Permendikbud No. 8/2018. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun beberapa aspek telah memenuhi standar, terdapat kekurangan dalam kelengkapan alat dan fasilitas yang diperlukan untuk kegiatan praktikum siswa, seperti peralatan yang tidak lengkap dan ruang kerja yang kurang nyaman. Simpulan dari penelitian ini merekomendasikan perlunya perbaikan dan pengembangan sarana serta prasarana laboratorium IPA agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Edu Global School, sehingga siswa dapat belajar secara optimal dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...