SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025)

ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP KEBUTUHAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Iliyani, Shopiya (Unknown)
Aripin, Aripin (Unknown)
Mustofa, Romy Faisal (Unknown)
Hernawati, Diana (Unknown)
Badriah, Liah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

The science learning at MTs N 2 Ciamis still uses separate teaching materials, where religious education focuses on religious topics, while science is limited to scientific material without integrating Islamic values. The lack of learning resources that combine both aspects causes difficulties for teachers in designing lessons that link religious and scientific aspects. This study aims to analyze students' perceptions of the need for an IPA module integrated with Quranic verses on environmental pollution. This research uses a descriptive quantitative method with 20 students from class VIII-F Science at MTs Negeri 2 Ciamis in the 2024/2025 academic year, selected through purposive sampling. Data were collected using a questionnaire consisting of 10 statements across 3 indicators. The results of the study show that all indicators were rated positively: 1) students' views on environmental pollution material reached 81%, categorized as good; 2) students' views on the connection between science material and Quranic verses were also good, at 80%; and 3) students' views on the need for an IPA learning module reached 85%, categorized as good. The conclusion of this study is that students need a learning module integrated with Quranic verses because this integrated learning approach is considered to make the learning process more relevant, effective, and meaningful. Integrating Quranic verses into science learning can create a deeper and more effective learning experience, especially on the topic of environmental pollution. This approach helps students understand concepts holistically, encompassing both scientific and spiritual aspects. ABSTRAKPembelajaran IPA di MTs N 2 Ciamis masih menggunakan bahan ajar terpisah, dimana mata pelajaran agama fokus pada topik keagamaan, sedangkan IPA terbatas pada materi sains tanpa integrasi nilai-nilai Islam. Keterbatasan sumber belajar yang menggabungkan keduanya menyebabkan kesulitan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang menghubungkan aspek keagamaan dan ilmiah. Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi siswa terhadap kebutuhan modul IPA terintegrasi ayat Al-Qur'an pada pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas VIII-F Sains di MTs Negeri 2 Ciamis tahun ajaran 2024/2025, yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui pengisian angket yang berisi 10 pernyataan dalam 3 indikator. Hasil penelitian menunjukkan baik pada semua indikator, yaitu: 1) pandangan siswa terhadap materi pencemaran lingkungan sebesar 81% sehingga berkategori baik, 2) pandangan siswa terhadap keterkaitan materi IPA dengan ayat-ayat Al-Qur’an juga baik yaitu sebesar 80%, dan 3) pandangan siswa terhadap kebutuhan modul pembelajaran IPA sebesar 85% berkategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa membutuhkan modul pembelajaran yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an, karena pembelajaran yang terintegrasi ini dinilai mampu membuat proses belajar lebih relevan, efektif, dan bermakna. Pengintegrasian ayat-ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan efektif, khususnya pada materi pencemaran lingkungan. Pendekatan ini memudahkan siswa untuk memahami konsep secara holistik, yang meliputi aspek ilmiah dan spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...