Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 1, No 1. April (2022): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Penggunaan Media Gambar Proyeksi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Gerung Utara

Jaswandi, Lalu (Unknown)
Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Gerung Utara dengan menggunakan media gambar proyeksi. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah bagaimana penggunaan media gambar proyeksi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 3 Gerung Utara?. Adapun tahapan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dari hasil evaluasi dan refleksi diperoleh nilai rata-rata kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh skor dengan kategori baik. Adapun nilai kemampuan menulis permulaan siswa pada siklus I sebesar 72.23 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64.70%. sedangkan nilai kemampuan hasil kemampuan menulis kemampuan siswa pada siklus II sebesar 84.8 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91.17%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini telah tercapainya seluruh indikator pembelajaran melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan data di atas penggunaan media gambar proyeksi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada siswa kelas I SD NegeriĀ  3 Gerung Utara

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...