Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengajar di Kelas Inklusi

Athalia, Yolanda Sonya (Unknown)
Purwanti, Margaretha (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2025

Abstract

Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi bagi perkembangan siswa di sekolah. Selama proses pembelajaran, guru memiliki berbagai tanggung jawab, terlebih ketika mengajar di sekolah inklusi, yang mana siswa tipikal dan atipikal belajar di satu kelas. Dengan adanya tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan guru kelas reguler, guru PAUD yang mengajar di kelas inklusi perlu memiliki kompetensi pedagogik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kompetensi pedagogik guru PAUD yang mengajar di kelas inklusi. Partisipan penelitian mixed method ini adalah empat orang guru. Pengambilan data dilakukan dengan mengisi alat ukur, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa para guru memiliki kompetensi pedagogik yang tergolong baik. Namun, berdasarkan data kualitatif diketahui bahwa terdapat kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan terkait tipe anak berkebutuhan khusus, desain pembelajaran yang universal dan program pembelajaran individual, serta melatih kemampuan berkomunikasi positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...