EDUPEDIKA
Vol. 4 No. 1 (2025): Februari 2025

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tema Ekosistem Kelas V SDN 01 Teko

Hendria Santana, Howin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2025

Abstract

Hasil pembelajaran yang telah dilakukan diperoleh bahwa permasalahan siswa belum menguasai hasil pembelajaran materi menganalisis hubungan antar kompon enekosistem dan jaring makanan di lingkungan sekitar. Penelitian dilakukan melalui serangkaian kegiatan yang berupa siklus yang mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Tagart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berdampak positif dalam upaya meningkatkan hasil belajar baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hasil penelitian upaya meningkatkan hasil belajar siswa tema Ekosistem melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas V SDN 01 Teko menunjukkan aspek kognitif meningkat dariprasiklus diperoleh sebesar 25%, siklus I diperoleh sebesar 55%, dan siklus II diperoleh sebesar 80%. Hasil belajar afektif ditunjukkan dengan peningkatan positif keaktifan dan tanggung jawab siswa terhadap penugasan. Pada ranah psikomotorik, model pembelajaran inkuirimampu meningkatkan keterampilan merumuskan masalah dan berhipotesis, mengumpulkan data, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan temuan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edupedika

Publisher

Subject

Education

Description

Edupedika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a scientific journal which is managed by Pelita Nusa Tenggara. Edupedika is published in Februari and September with several topic. 1. Teaching and learning design 2. Education technology 3. Educational psychology 4. Education Management 5. Education ...