Jurnal Dimensi
Vol 12, No 3 (2023): JURNAL DIMENSI (NOVEMBER 2023)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA BATAM TAHUN 2022

Parlindungan, Ronald (Unknown)
Lestari, Linayati (Unknown)
Sulistiani, Chindy Ayu (Unknown)
Setiyobudi, Yustinus Farid (Unknown)
Puspita, Meri Enita (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang “Pengaruh kualitas pelayanan perizinan terhadap kepuasan masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Batam Tahun 2022”. Penelitian ini mengkaji beberapa permasalahan seperti faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat, ketepatan waktu, kejelasan biaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan skala likert, sedangkan Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji secara parsial (uji-t) dan uji-f simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji analisis regresi linear sederhana antara variabel kualitas pelayanan (X) dan kepuasan masyarakat (Y) bernilai 0,786 artinya kuat, jika disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara variabel (X) dengan variabel (Y). Terdapat dua indikator variabel kualitas pelayanan (X) yang memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) yaitu indikator reliability dengan nilai signifikan sebesar 0,033 ˂ 0,05 sedangkan indikator kedua adalah assurance dengan nilai signifikan sebesar 0,036 ˂ 0,05. Hasil uji koefisien determinasi didapatkan R-square sebesar 72,3% yang berarti kualitas pelayanan perizinan di DPMPTSP Kota Batam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat dan sisanya 27,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023