Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 3 (2024): July - September

Ragam Model Penanaman Karakter di Satuan Lembaga Pendidikan (Pesantren, Madrasah dan Sekolah)

andry setiawan (UIN Sunan gunung djati bandung)
hafidin nurhadi (UIN Sunan gunung djati bandung)
Iqbal Anggi Yusuf (Institut Agama Islam Tasikmalaya)
aan hasanah (UIN Sunan gunung djati bandung)
bambang samsul arifin (UIN Sunan gunung djati bandung)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menunjukkan beragam model penanaman karakter yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan (pesantren, madrasah, dan sekolah) untuk merespons kebutuhan mendesak akan pemenuhan kapasitas moral dan etika di tengah kompleksitas tantangan sosial modern. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka sebagai sumber data utama, penelitian ini mengeksplorasi urgensi penerapan model penanaman karakter, berbagai model yang tersedia, serta tantangan dan inovasi yang dapat dilakukan. Model yang diusulkan meliputi Model Keteladanan, Model Pembiasaan, Model Pengajaran, Model Kegiatan Ekstrakurikuler, dan lainnya. Temuan penelitian menunjukkan efektivitas model-model ini dalam meningkatkan kapasitas moral siswa. Kesimpulannya, penerapan model penanaman karakter yang tepat sangat penting untuk menghadapi kompleksitas tantangan sosial kontemporer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...