ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui bimbingan klinis pada SMP Negeri4Araniodi Kecamatan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar . Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 12 orang guru. Metode Penelitian deskriptif melalui penelitian Tindakan Kelas .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil penilaian langsung , dan juga melalui observasi .Teknik analisis data secara kwantitatif dan prosentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: Guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas bila guru sudah memenuhi kereteria memperoleh sekor lebih atau sama dengan 77,8 (dengan kategori baik). Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan penilaian guru dari siklus I sebesar 67 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi bimbingan klinis dapat meningkatkan penilaian berbasis kelas, guru SMP Negeri 4 Aranio Kabupaten Banjar. Karena itu dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa optimalisasi kegiatan bimbingan klinis dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian oleh guru. Kata kunci : Peningkatan, Penilaian Berbasis Kelas, Supervisi Klinis
Copyrights © 2019