cover
Contact Name
Muhammad Zulkifli
Contact Email
sudutwarna@gmail.com
Phone
+6281235871313
Journal Mail Official
sudutwarna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura Kabupaten: Banjar Provinsi: Kalimantan Selatan
Location
Kab. banjar,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
ISSN : 25812106     EISSN : 26855097     DOI : http://dx.doi.org/10.58791/tadrs
Core Subject : Religion, Education,
This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 106 Documents
SUPERVISI KLINIS DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SMP NEGERI 4 ARANIO KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018 Rusdi
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 3 No. 02 (2019): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui bimbingan klinis pada SMP Negeri4Araniodi Kecamatan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar . Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 12 orang guru. Metode Penelitian deskriptif melalui penelitian Tindakan Kelas .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil penilaian langsung , dan juga melalui observasi .Teknik analisis data secara kwantitatif dan prosentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: Guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas bila guru sudah memenuhi kereteria memperoleh sekor lebih atau sama dengan 77,8 (dengan kategori baik). Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan penilaian guru dari siklus I sebesar 67 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi bimbingan klinis dapat meningkatkan penilaian berbasis kelas, guru SMP Negeri 4 Aranio Kabupaten Banjar. Karena itu dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa optimalisasi kegiatan bimbingan klinis dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian oleh guru. Kata kunci : Peningkatan, Penilaian Berbasis Kelas, Supervisi Klinis
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI PERMAINAN BOLA BESAR (SEPAK BOLA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DI KELAS IV SDN KELAMPAIAN ULU KECAMATAN ASTAMBUL Rahman, Guzali
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 3 No. 02 (2019): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini berawal dari kenyataan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani di SDN Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul bahwa dalam penyampaian pembelajaran guru bersifat konvensional yang menyebabkan siswa bosan dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang membuat siswa aktif dan menyenangkan bagi siswa salah satunya dengan Model pembelajaran Explicit Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa dengan ketuntasan kognitif siswa Siklus I adalah 60%. Pada Pada ranah afektif ketuntasan siswa 60% dan psikomotor 60% sedangkan nilai guru pada cara mengajar guru dengan nilai 75% dan siswa 75%. Setelah diadakan refleksi nilai ketuntasan kognitif siswa Siklus II adalah 93%. Pada ranah afektif ketuntasan siswa 87% dan psikomotor 93% sedangkan nilai guru cara mengajar guru dengan nilai 95% dan aspek siswa 95%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi permaianan bola besar (sepak bola) siswa di kelas IV SDN Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul Kata kunci : Hasil Belajar, Permainan Bola Besar (Sepak Bola), Explicit Instruction
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PAHLAWANKU KEBANGGAANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IV SDN KELAMPAIAN ILIR 1 KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR basuni
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 3 No. 02 (2019): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema Pahlawanku Kebanggaanku dan aktifitas siswa serta aktifitas guru dengan menggunakan model pembelajaran tipe Example Non Example ini dalam kegiatan pembelajaran. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dengan sobjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus,setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap 2 pertemuan setiap siklus diadakan 1 kali evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam tindakan kelas ini adalah format observasi aktifitas siswa dan aktifitas guru dalam pembelajaran,dan juga tes formatif. Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koopratif tipe Example Non Example pada tema Pahlawanku Kebanggaanku dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 mencapai 78,76 dan meningkat menjadi 84,46 pada siklus 2 melebihi kreteria ketuntasan minimal yaitu 75. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran tema Pahlawanku Kebanggaanku melalui model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan aktivitas siswanya termasuk pada katagori baik. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini,pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar tema Pahlawanku Kebanggaanku. Kata kunci : Hasil Belajar, Pahlawanku Kebanggaanku, Example Non Example.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SDN MELAYU KECAMATAN MARTAPURA TIMUR. Akhyar
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 3 No. 02 (2019): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Melakukan perubahan atau perbaikan dalam hal pembimbingan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolahnya dengan cara melaksanakan tindakan melalui In House Training. Penelitian Tindakan Sekolah memiliki empat langkah yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian,, Hasil penelitian menunjukkan bahwa model IHT dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Peningkatan terlihat pada siklus I, rata-rata nilai peserta 65.8% ( kriteria cukup) meningkat pada siklus II menjadi 83.6% (kriteria baik) dengan peningkatan sebesar 17.8%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah ini dapat disimpulkan bahwa model In House Training (IHT) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP di SDN Melayu Kecamatan Martapura Timur. Kata kunci : Meningkatkan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, in house training
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V DI SDN SUNGAI ASAM KEC. KARANG INTAN Saifuddin, Akhmad
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 3 No. 02 (2019): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar, serta meningkatkan aktivitas siswa dan guru melalui model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran PKN materi bentuk bentuk keputusan bersama di kelas V SDN Sungai Asam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) subyek penelitiannya adalah 32 orang siswa kelas V SDN Sungai Asam. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya dua kali pertemuan yang merupakan perbaikan atas refleksi dari pertemuan sebelumnya. Kata kunci : Hasil Belajar, Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama, Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)
THE COOPERATIVE AND POLITENESS PRINCIPLES IN RADIO BROADCASTING CONVERSATIONS Fizi, Ridhani
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 4 No. 02 (2020): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak The conclusions are related to the two research problems: 1) The Extent of the Use of the CP and the PP in the English Broadcasting Conversations, The ten maxims of the CP and PP are applied in terms of the maxims observances. Their uses vary from the most to the least frequent used. It can be concluded that in carrying out conversations over telephone in MAS FM radio broadcast politeness or being civil turns out not to be as powerful and not as important as being cooperative since the focus is on the topic forwarded and not so much on politeness. Besides, it shows that there are a lot of overlapping and violating of the maxims. The most frequent violated is the Relation Maxim. It is reasonable because some audiences know the presenters, meaning they are regular audiences in the program. Since they are not newcomers in joining the program, they frequently make a mocking joke. Their conversations are even out of topic and prolix. Thus, an utterance could be analyzed based on various angles because it may contain several maxims based on various points of view. And 2) The Speakers Purposes in Terms of Illocutionary Acts (IA), From the four function of IA, the only function, which is not applied at all by the participants, is the Conflictive. The all sub functions: threatening, accusing, cursing, and reprimanding cause conflicts among the participants in carrying out their conversa- tions. In fact, the participants in the radio broadcasting conversations try to avoid conflicts with others because in carrying out a conversation over the telephone is a non face-to-face conversation which is conduc- ted without facial expressions and gestures. Kata kunci : Cooperative Principle (CP), Politeness Principle (PP), Illocutionary Acts (IA), Conversations, Radio Broadcasting Program
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XII IPS-4 SMAN 4 BANJARBARU KOTA BANJARBARU Agustien
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 4 No. 02 (2020): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Rendahnya hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru di sebabkan kurang efektifnya metode pembelajaran yang di gunakan guru selama ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari :tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan tes tulis serta menggunakan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru semester I tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 33 Orang. Hasil Penelitian menunjukan dengan pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkat hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII IPS-4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru dengan ketuntasan pada Siklus I ketuntasan siswa 67% Aktivitas guru dalam mengajar siklus I 80% terlaksana dan siswa yang aktif siklus I 82%. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II ketuntasan siswa 94%, Aktivitas guru meningkat menjadi 93% dan siswa yang aktif 96%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi akuntansi sebagai sistem informasi di kelas XII SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL MELALUI MODEL INKUIRI KELAS XI IPS 4 SMAN 4 BANJARBARU KOTA BANJARBARU Rahayu, Pinaringan
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 4 No. 02 (2020): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Melalui model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru. Hal ini dibuktikan ketuntsan siswa pada siklus I dari tes perngetahuan 68% rata rata siklus I setelah di refleksi meningktan pada siklus II menjadi 92% rata rata siklus II terjadi peningkatan sebesar 24%. Pada aspek sikap sosial hasil penilaian sikap siklus I pertemuan I nilai sikap sosial siswa 77 dengan kriteria cukup (C) dan siklus I pertemuan II sebesar 80 dengan kriteria cukup (C). Pada siklus II pertemuan I rata rata nilai sikap sosial siswa 86 dengan kriteria baik (B) dan siklus II pertemuan II rata rata sikap sosial sebesar 93 dengan kriteria sangat baik (SB). Pada aspek keterampilan juga terus meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata rata keterampilan siswa siklus I pertemuan I sebesar 78 dengan kriteria cukup (C). pada siklus I pertemuan II rata rata nilai keterampilan siswa meningkat menjadi 85 dengan criteria baik (B). Setelah direfksi rata rata nilai keterampilan siswa siklus II pertemuan I sebesar 95 dengan kriteria sangat baik (SB) dan siklus II pertemuan II rata rata keterampilan siswa meningkat menjadi 97 dengan kriteria sangat baik (SB). Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru, terbukti rata rata aktivitas guru siklus I 83% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 98% rata rata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 15%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri dapat membantu meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru, terbukti rata - rata aktivitas siswa siklus I 76% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 94% rata rata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 18% Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, Inkuiri
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI METODE PROBLEM SALVING DI KELAS X MIPA-3 SMAN 4 BANJARBARU KOTA BANJARBARU Sahidin
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 4 No. 02 (2020): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar siswa di sebabkan penggunaan metode pembelajaran yang masih konvensional oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut guru menggunakan metode problem salving untuk melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), Prosedur penelitian terdiri dari : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan hasil tes tulis serta menggunakan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas X MIPA-3 di SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru semester I tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 34 Orang. Hasil Penelitian menunjukan dengan metode problem salving dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi relasi dan fungsi dengan ketuntasan pada siklus I ketuntasan siswa hanya 71% Aktivitas guru dalam mengajar siklus I 83% terlaksana dan aktivitas siswa 76%. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II hasil belajar siswa dengan ketuntasan siswa sebesar 91%, Aktivitas guru meningkat menjadi 98% serta aktivitas siswa 92% siswa aktif. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui metode problem salving dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi di kelas X di SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, metode problem salving.
MELAKSANAKAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN IPA DI SD NEGERI PALAM 1 KOTA BANJARBARU Suwardi
TARBIYAH DARUSSALAM: JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN Vol. 4 No. 02 (2020): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Berdasarkan supervisi kelas yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru IPA di SDN Palam 1 Banjarbaru diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana perangkat pembelajaran sebelum ada pembinaan dan setelah dilaksanakan pembinaan yaitu pada penyusunan rencana perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang mengadopsi dari penelitian tindakan kelas, sehingga dalam pelaksanaannya melaui tahapan berupa siklus sama halnya dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui tahapan- tahapan meliputi refleksi awal, perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan evaluasi tindakan, dan refleksi akhir. Penelitian direncanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 1 kali pertemuan setara dengan 2 jam pelajaran (2x35 menit).Siklus 1 dan siklus 2 mempelajari tentang Melakukan supervisi pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Subjek penelitian berjumlah 1 orang yaitu Ria Darmawantika,A Ma selaku guru IPA Kelas V di SDN Palam 1 Banjarbaru. Hasil penelitian dan pembahasan tentang meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA Setelah melalui perbaikan RPP yang dinilai oleh suvervisor pada siklus 2 guru mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran. Guru merasa puas setelah selesai melaksanakan pembelajaran, dia merasa lebih siap daripada pertemuan yang pertama setelah di observasi kepala sekolah dan kepala sekolah membantu memecahkan masalah yang dihadapi guru Guru sudah melaksanakan inovasi pembelajaran dengan banyak melibatkan siswa dalam pembelajaran. Kata kunci : Supervisi Akademik, Rencana Perangkat pemberajaran (RPP), Inovasi Pembelajaran IPA.

Page 1 of 11 | Total Record : 106