Abstract AbstrakTK Negeri Pembina Inti Banjarmasin merupakan Sekolah Penggerak Angkatan Pertama di Kalimantan Selatan yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk menyediakan layanan terhadap perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Inti Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi yang telah dilakukan oleh pendidik sudah menggambarkan adanya layanan perbedaan karakteristik anak dalam hal minat anak dengan menyediakan kegiatan yang beragam melalui pembelajaran sentra. Faktor yang mendukung implementasi ini adalah pendidik yang mau belajar, berkarya, berbagi, berkolaborasi, dan mencapai keberkahan bersama. Faktor yang menghambat implementasi ini adalah media pembelajaran yang selalu diharapkan sesuai dan bisa menjadi perantara agar anak memahami apa yang pendidik sampaikan; dan administrasi yang belum ada format baku sehingga harus membikin sendiri.Kata kunci: Anak Usia Dini, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi
Copyrights © 2024