Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 8 No. 01 (2024): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA INTI BANJARMASIN

Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Abstract AbstrakTK Negeri Pembina Inti Banjarmasin merupakan Sekolah Penggerak Angkatan Pertama di Kalimantan Selatan yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk menyediakan layanan terhadap perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Inti Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi yang telah dilakukan oleh pendidik sudah menggambarkan adanya layanan perbedaan karakteristik anak dalam hal minat anak dengan menyediakan kegiatan yang beragam melalui pembelajaran sentra. Faktor yang mendukung implementasi ini adalah pendidik yang mau belajar, berkarya, berbagi, berkolaborasi, dan mencapai keberkahan bersama. Faktor yang menghambat implementasi ini adalah media pembelajaran yang selalu diharapkan sesuai dan bisa menjadi perantara agar anak memahami apa yang pendidik sampaikan; dan administrasi yang belum ada format baku sehingga harus membikin sendiri.Kata kunci: Anak Usia Dini, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...