Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017

Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dan Skala melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Sri Suwarni (Guru SDN Mlirip1 Kec. Jetis Kabupaten Mojokerto)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Mlirip I dalam pembelajaran perbandiangan dan skala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Mlirip I Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran yang berdampak pula pada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika pada materi perbandingan dan skala. Hasil belajar pada diskusi kelompok materi skala siklus II adalah 87,83 dan semua kelompok dinyatakan tuntas, hasil Tes-2 Siklus II ketuntasan klasikal 100% dengan peningkatan rata-rata kelas menjadi 86,33.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...