Bahan pembelajaran (learning materials) merupakan seperangkat materi atau substansi pelajaran yang disusun secara runtut dan sistematis serta menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam mata pelajaran hadist. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar al Hadist di SD Islam Al-Umm Malang yang terletak di Jl Joyo Agung no 1 Kel. Merjosari, Kec. Lowokwaru, kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi yang dirancang untuk menyediakan kerangka yang komprehensif dan mendalam terhadap analisis peneliti. Pengembangan bahan ajar hadis kelas 4 SDI Al Umm Malang cukup efektif dalam membantu siswa memahami dan menghafal hadis. Hal ini dibuktikan dengan beberapa indikator, antara lain peningkatan kemampuan siswa dalam memahami makna dan kandungan hadis dan peningkatan kemampuan siswa dalam menghafal hadis.
Copyrights © 2024