Classroom: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2024): September

Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ummi di SD Patra Dharma 1 Balikpapan

Fatimatuz Zahro (Unknown)
Iskandar Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Studi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengungkap pengaruh disiplin guru terhadap motivasi belajar murid di Sekolah Dasar Patra Dharma 1 Balikpapan. Melihat pentingnya peran guru dalam pengajaran, riset ini bertujuan untuk menilai bagaimana disiplin guru berdampak pada motivasi belajar siswa. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan teknik analisis regresi linier sebagai metode utamanya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh sekelompok 32 siswa, memanfaatkan skala Likert sebagai alat ukurnya. Berdasarkan hasil tes normalitas, terlihat bahwa data terdistribusi secara normal. Uji reliabilitas, di sisi lain, memberikan nilai Cronbach's Alpha di atas 0,60 yang menandakan bahwa alat ukur penelitian ini konsisten. Dari analisis regresi linier yang dilakukan, tercatat bahwa disiplin guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai R Square sebesar 0,279. Ini berarti sekitar 27,9% variasi dalam motivasi belajar siswa dapat diatribusikan kepada tingkat disiplin guru. Uji F memperlihatkan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, yaitu 0,002, menyatakan bahwa ada korelasi signifikan antara disiplin guru dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang ditarik menegaskan bahwa meningkatkan disiplin guru bisa menaikkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, sangat direkomendasikan bagi sekolah untuk menitikberatkan pada aspek disiplin guru sebagai salah satu cara untuk mengoptimalkan kemajuan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

i

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

FOCUS Classroom: Journal of Islamic Education provides scientific articles developed in attending through the article publications, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic Education. SCOPE Classroom: Journal of Islamic Education encompasses research papers from ...