Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh lingkungan sekolah terhadap penerimaan materi PAI di MI Al Ula Balikpapan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis regresi linier. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 30 siswa kelas 5 A MI Al Ula, yang dianalisis menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan materi PAI, dengan nilai R² sebesar 0.160. Ini menunjukkan bahwa 16% variasi penerimaan materi PAI dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan sekolah. Analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai 0.400 dengan signifikansi 0.002. Temuan ini mengindikasikan pentingnya kondisi fisik dan sosial sekolah dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, pengembangan lingkungan sekolah yang mendukung sangat direkomendasikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.
Copyrights © 2024