Jurnal Ragam Pengabdian
Vol. 1 No. 3 (2024): Desember

Lokakarya Displin Positif pada Sekolah Penggerak Jenjang SD di Kabupaten Soppeng

Patang Patang (Universitas Negeri Makassar)
Jamaluddin Jamaluddin (Universitas Negeri Makassar)
Subariyanto Subariyanto (Universitas Negeri Makassar)
Marhayati Marhayati (Universitas Negeri Makassar)
Andi Puspa Sari Idris (Politeknik Pertanian Negeri Pangkep)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Lokakarya disiplin positif ini bertujuan agar guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah semakin memahami pentingnya disiplin positif dalam membangun budaya positif di sekolah. Metode yang diterapkan dalam lokakarya ini yaitu lokakarya secara luring dengan urutan aktivitas yaitu mulai dari pendahuluan, mulai dari diri, eksplorasi konsep, refleksi terbimbing, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual dan aksi nyata. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaksanaan lokakarya disiplin positif ini sangat penting karena setelah mengikuti lokakarya terkait disiplin positif, maka guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah semakin meningkatkan komitmennya dalam menerapkan disiplin positif di sekolah. Pada umumnya disiplin positif yang terjadi di sekolah sudah baik, namun dengan adanya lokakarya ini, maka sekolah memiliki referensi yang semakin banyak untuk diterapkan di sekolah berdasarkan hasil kolaborasi dengan sekolah lain dan hasil penguatan dari fasilitator pada saat dilaksanakannya lokakarya ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juragan

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, ekonomi, agama, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa ...