Tujuan program pengabdian melakukan pemberdayaan dan pendampingan kepada pelaku usaha, metode pelaksanaan pengabdian dilakukan secara terstruktur dan sistematis mulai dari proses perencanaan sampai dengan implementasi program kegiatan, luaran yang dihasilkan dari kegiatan program ini secara garis besar dapat simpulkan bahwa ada beberapa perubahan dari aspek yang dihasilkan, seperti 1) optimaliasi penggunaan media sosial yang sudah mulai diterapkan sebagai upaya untuk menciptakan brand identity melalui penggunaan Wahatsapp Business, Instagram Ads, Facebook Ads dan TiktokĀ 2) UMKM sudah melakukan on boarding malalui PADI UMKM, dimana platform digital ini merupakan bentukan dari BUMN yang memiliki potensi pasar sangat besar untuk dikembangkan 3) UMKM sudah memanfaatkan digital marketing seperti marketplace tokopeda, grabfood, shopee dan bermitra dengan perusahaan agregator untuk melakukan eskpansi pasar lebih luas. Penggunaan digital marekting membawa perubahan sangat besar bagi pelaku usaha, UMKM langsung terhubung melalui ekosistem digital sehingga memberikan dampak positif dalam jangka panjang, dengan pengggunaan teknologi juga secara tidak langsung mampu menciptkan lingkungan yang stabil bagi kemajuan dan kemandirian UMKM. Program baik ini perlu mendapatkan dukungan dan support dari pihak terkait dalam hal ini OPD kabupaten Cilacap, untuk bisa melanjutkan porgam ini dalam jangka panjang sehingga akan lebih banyak UMKM menerima manfaat dengan adanya kehadiran program yang PRO terhadap pemberdayaan UMKM.
Copyrights © 2024