Fenomena influencer di era sekarang dapat menjadi pemicu munculnya perilaku konsumtif bagi para pengikutnya. Para pengikut akan tertarik untuk memiliki barang dan gaya hidup yang sama dengan sang influencer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kontrol diri dan persepsi tentang gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dewasa awal pengguna social media. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sebanyak 171 dengan karakteristik berusia 18-25 tahun, pengguna aktif social media dan penggemar boygroup NCT didapatkan dengan convinience sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda menghasilkan nilai F = 178.462 dan signifikan p < 0.005 menunjukkan terdapat pengaruh kontrol diri dan persepsi tentang gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dengan nilai koefisien determinasi 0.669 atau sebesar 66.9%. Secara terpisah, persepsi tentang gaya hidup influencer berpengaruh secara positif terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri berpengaruh secara negatif terhadap perilaku konsumtif. Agar terhindar dari perilaku konsumtif dapat dilakukan dengan cara meminimalisir penggunaan social media dan lebih mengontrol diri ketika hendak melakukan pembelian.
Copyrights © 2024